Tuesday, January 12, 2016

Menjalankan File PHP Menggunakan Task Scheduler di Windows

Saya ingin berbagi bagaimana men-execute atau run file php secara periodik atau sesuai jadwal yang kita tentukan dengan menggunakan Task Scheduler di Windows. Hal ini sama seperti Cron Job yang bisa dilakukan di Linux.

Fungsinya menjalankan file PHP secara periodik ini apa ? yakni sebagai berikut :
  • Misal untuk mengambil data dari website tertentu untuk dimasukkan ke database lokal yang kita miliki.
  • Contoh lain, untuk pengecekan database jika ada perubahan pada record tertentu akan memberikan notif kepada user
  • dan lain-lain
Saya asumsikan pembaca sudah menginstall XAMPP.

Langsung saja,
1. Siapkan file berekstensi .bat, terserah mau diletakkan dimana, kalau saya beri contoh punya saya, ada di C:\Schedule\runphp.bat (untuk nama file terserah). File ini bisa dibuat dengan Text Editor apapun, Sublime / Notepad++ / dan-lain-lain. Adapun isi file nya sebagai berikut :

@ECHO OFF
php.exe -f "C:\xampp\htdocs\S2\test\index.php"


yang paling penting ada pada font merah, yakni lokasi file php yang ingin dieksekusi secara periodik.
Jika sudah, save.

2. Task Scheduler, kita mulai buka Task Scheduler


Kemudian, pada menu sebelah kanan, tab "Actions", pilih "Create Task"


Kemudian, beri nama dan deskripsi Task, Kemudian sesuaikan dengan setting dibawahnya. Kalau saya mencentang "Run with highest privileges". Dan saya tidak mencentang "Hidden", karena saya ingin melihat ketika file .bat dijalankan, yakni ditandai dengan muncul Command Prompt sebentar.


Kemudian lanjut ke Tab Triggers klik New


Kemudian atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, kalau saya ingin membuat file php ini dieksekusi selama 5 menit sekali, maka pilih "On Schedule", "Daily", "Recur every 1 day", centang pada bagian "Repeat task every" 5 menit untuk durasi indefinitely dan jangan lupa Enabled juga di centang.


Klik OK

Pindah ke Tab "Actions", klik New dan pilih Start Program, pilih Program/Script dimana file .bat tersimpan dan pada kolom Start In di isi sesuai dengan Folder dimana file .bat tersimpan.

Pada Tab Conditions sesuaikan dengan gambar berikut :


Pada Tab Settings sesuaikan juga dengan gambar berikut :


Kemudian Klik OK, Sampai muncul tampilan awal Task Scheduler. Pada menu bagian kiri, Pilih Task Scheduler (local) -> Task Scheduler Library, kemudian cari nama Task yang sudah Anda buat, dan klik Run/Enable



Nanti pasti file phpnya akan dieksekusi secara periodik. Sekian tutorial ini, terima kasih..


1 comment:

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih