Sunday, January 17, 2016

Membuat Kolom Text Menjadi Unique - MySql

Sering kali kita juga membutuhkan untuk membuat suatu kolom menjadi UNIQUE akan tetapi kolom pada tabel tersebut ternyata tipenya TEXT. Contoh kasus yang saya alami adalah, saya menampung berita/artikel dari beberapa website dalam database yang saya buat. Akan tetapi, saya tidak bisa membuat kolom berita tadi menjadi UNIQUE di database saya. Akhirnya saya menemukan solusinya. :)

Baik, kali ini saya ingin membagikan tips untuk membuat Field/kolom bertipe TEXT, LONGTEXT, TINYTEXT, dkk pada suatu tabel yang ingin dijadikan unique isinya. Berikut caranya :
  1. Pertama, buat satu kolom lagi terserah namanya. Contoh kolom TEXT saya bernama "content", kemudian saya buat satu kolom lagi bernama "content_hash" bertipe VARCHAR dengan panjang 250. (Sedikit info, tipe kolom VARCHAR memiliki panjang maksimum 256)
  2. Nah kemudian kolom "content_hash" tersebut dapat kita isi berdasarkan isi dari "content" yang sudah di hash dengan MD5(), SHA1, atau dengan cara lainnya. Jadi, misal $content berisi artikel yang sangat panjang, makan untuk mengisi kolom content_hash diisi dengan nilai md5($content).
Isi content tersebut kemudian di hash dan dimasukkan dalam kolom "content_hash"

Sekian tutorial sederhana kali, semoga bermanfaat, terima kasih :)


No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih