Tuesday, January 12, 2016

Mendapatkan Chat Id Group di Telegram

Anda dapat memberikan notif langsung ke banyak orang melalui akun Bot Telegram yang telah anda buat sesuai dengan tutorial sebelum ini. Hal ini berguna untuk kalian jika memiliki grup One Day One Juz untuk mengaji AlQur'an berjamaah dengan target tiap harinya siapa saja yang membaca. Atau memberikan notification error pada suatu database yang kita miliki. 

Saya asumsikan Anda mengerti tentang node js, npm, Java Script, dan sebangsanya. Selain itu Anda sudah memiliki akun Bot Telegram. :D

Cara membuat grup
Pertama, saya beri contoh lewat aplikasi mobilenya :
1. Pilih New Group


2. Masukkan Satu anggota dari kontak yang anda miliki, kemudian klik centang, pada ujung kanan atas.


3. Kemudian atur logo dan nama dari group



4. Selesai Membuat Group.

Memasukkan Bot pada Group Chat
1. Klik nama Group pada bagian atas Chat, Sampai muncul seperti ini : kemudian klik Add member

2, Cari nama bot yang telah Anda miliki

3, Kemudian klik OK

Mendapatkan Chat ID Group
Baik langsung saja, dimulai dari library yang saya gunakan adalah ini :

Adapun cara menginstallnya sudah ada pada bagian Readme di bagian bawah pada link tersebut.

Saya juga mencoba install kalau begitu :)
1. Saya buat folder telegram didalam htdocs yang saya miliki, kemudian pada folder telegram tersebut, pada keyboard saya tekan Shift dan klik kanan sehingga muncul pesan "Open command window here"

2. Kemudian ketikkan npm install telegram-bot-api


3. Ketika sudah selesai, saya membuat satu file .js bernama echo-bot.js, adapun kontennya sama dengan ini : https://github.com/mast/telegram-bot-api/blob/master/examples/echo-bot.js
atau copas code ini (ganti Kode Token Anda):
var telegram = require('telegram-bot-api');
var api = new telegram({
 token: '[token_anda]',
 updates: {
  enabled: true,
  get_interval: 1000
 }
});

api.on('message', function(message)
{
 var chat_id = message.chat.id;

 // It'd be good to check received message type here
 // And react accordingly
 // We consider that only text messages can be received here

 api.sendMessage({
  chat_id: message.chat.id,
  text: message.text ? message.text : 'This message doesn\'t contain text :('
 })
 .then(function(message)
 {
  console.log(message);
 })
 .catch(function(err)
 {
  console.log(err);
 });
});

4. Kemudian run file echo-bot.js melalui command prompt. dengan menggunakan perintah node echo-bot.js


5. Kemudian kita coba chatting dengan Bot Tersebut

6. Kemudian coba lihat kembali command prompt kita


7. Kita akan mendapatkan chat message id Testing Bro dengan saya "Irsal Shabirin"
8. Jika ingin mendapatkan chat id Group, kita perlu me-mention Bot pada chat Group yang sudah anda miliki, kemudian Send


9. Perhatikan kembali commandprompt kita, perhatikan kotak putih


NB : Id tersebut adalah id Group Chat tersebut, biasanya ditandai dengan nilai minus (-)


Sekian tutorial ini, mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Terima Kasih :)

No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih