Tuesday, January 12, 2016

Cara Membuat Bot di Telegram

Telegram Mesengger, mungkin masih sedikit orang Indonesia yang punya akun, cuman mengira-ngira saja :) . Telegram jika dilihat sekilas mirip dengan Whatsapp, akan tetapi banyak hal yang berbeda, seperti upload file, bot chat, sticker, bisa buat sticker sendiri, dan lain-lain.

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara membuat Bot di telegram :
1. Pastikan Anda memiliki akun Telegram.
2. Kita harus chattingan dengan BotFather atau lewat mobile dengan fitur searchnya (yang kedua dari atas)

3.Saya akan beri contoh lewat mobile, ketik /start kemudian /newbot

4. Isikan Nama Bot, kemudian username Bot yang harus diakhir dengan kata "bot". Contoh TestingbroBot. Kemudian jika berhasil Anda akan diberi Token untuk memulai mensetting Bot yang sudah kita buat. Seperti berikut :


5. Anda bisa mengatur profile picturenya dengan mengetikkan /setuserpic pada chat BotFather dan sesuai dengan menu /help yang tersedia pada BotFather.

Bot sudah siap di otak-atik, contohnya bot dapat mengirim pesan dalam suatu grup, saya akan beri contoh pada tutorial berikutnya. :)

No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih