Saturday, January 19, 2013

HITUNGLAH BEBAN HIDUPMU , LEBIHKAN BEKAL PERJALANANMU

Bismillah ...
 
Penulis : Ustadz Ahmad Arqam

Saya penyuka sepak bola. Saya membutuhkan olahraga ini karena saya ingin bisa mempertahankan kekuatan dan daya tahan fisik saya agar sanggup bekerja dalam seminggu yang selalu padat dengan aktifitas.

Walaupun usia saya sudah mau memasuki 44 tahun nanti pada bulan Mei , alhamdulillah saya masih bisa bermain 2. X 45 menit . Alhamdulillah saya masih bisa berlatih seminggu 3 kali, tepatnya pada Seni sore , Rabu pagi dan Jumat pagi.

Akan tetapi agar sanggup bermain bagus , saya harus menyiapkan dan merawat fisik saya dengan baik.Sebelum bermain bola , saya harus menyiapkan fisik saya dengan cara melakukan jogging 3 - 5 kilometer .Biasanya Itu saya lakukan minimal 3 - 4 kali dalam seminggu.

Dan inilah yang mengheboookan .Setelah selesai bermain maksmal 2 x 45 menit itu , saya membutuhkan minum 4 botol air minum kemasan yang 600 milileter dan menambahkan 2 mangkok soto daging Madura agar saya bisa memulihkan diri.Itu masih harus ditambah segera tidur 2 jam setelah itu agar badan saya tidak sakit hari itu.

Itu cara saya menyiapkan diri beraktifitas secara fisik.

Sebagai seorang pengajar , guru dan trainer saya juga membutuhkan BANYAK MEMBACA.

Saat menjadi guru Matematika di SMA Negri 18 Surabaya saya tidak terlalu membutuhkan banyak bacaan.Tetapi kebutuhan MEMBACA BANYAK tiba tiba terasa urgent saat saya harus sering MENGAJAR SEHARI hingga DUA HARI PENUH di training training yang saya isi.

Pengalaman yang paling saya ingat , saat mengisi training di PLN PT.Pembangkit Jawa Bali selama hampir 25 kali sepanjang tahun 2005 - 2008 .Setiap kali training saya harus mengisi sendirian dari jam 08.00 hingga jam 17.00.Nah saya benar membutuhkan BANYAK BACAAN.

Nah , dari pengalaman pribadi seperti itu saya lalu menyimpulkan kaidah :SEMAKIN BANYAK dan BERAT BEBAN YANG HARUS SAYA PIKUL , SAYA SEMAKIN MEMBUTUHKAN BANYAK BEKAL MATERIIL dan iNTELEKTUAL.

Dalam lapangan kehidupan sehari hari kaidahnya juga sama .Jika saya dan teman teman menanggung beban pribadi , urusan keluarga , masalah di kantor dan problem di tengah tengah masyarakat yang harus dipecahkan dan dicarikan jalan keluarnya maka kita semakin membutuhkan BEKAL SPIRITUAL YANG BERLIMPAH . 

Semakin kita MENANGGUNG KEHIDUPAN BANYAK ORANG dan harus MENYELESAIKAN BANYAK PERSOALAN HIDUP maka kita semakin membutuhkan DAYA TAHAN KESABARAN , KEKUATAN , KETENANGAN ,KEJERNIHAN BERPIKIR ,KEGIGIHAN ,KEMAUAN KETINGGIAN HARAPAN , KEBERANIAN MENGAMBIL RESIKO ,KONSITENSI dan KETULUSAN. Itu semua bersumber dari BEKAL SPIRITUAL.

Maka kita akhirnya membutuhkan ruku' dan sujud yang lebih panjang dihadapan NYA.
Kitapun aka sangat membutuhkan lebih banyak dan lebih lama menghubungkan pikiran , perasaan , hati dan jiwa kita dengan NYA dengan cara menyebut dan membaca ayat ayat kitab suci NYA.
Dan betapa butuhnya kita berlama lama menghabiskan waktu dihadapan NYA agar DIRI KITA LEBIH KUAT MENGANGKAT SEMUA KEWAJIBAN BESAR KEHIDUPAN KITA.

Ya ...mari kita hitung beban hidup kita dan bawalah bekal perjalanan yang jauh lebih banyak untuk menempuhnya

No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih